Mengenal Layanan dan Jenis Komputasi Awan

Di era teknologi saat ini, komputasi awan menjadi pilihan utama bagi pengembang dan departemen TI untuk mengoptimalkan sumber daya dengan fokus pada aspek-aspek kritis. Manfaat utama dari komputasi awan adalah membebaskan pengguna dari tugas-tugas rutin seperti pengadaan, pemeliharaan, dan perencanaan kapasitas. Dengan kebutuhan yang semakin meningkat, berbagai model dan strategi komputasi awan telah berkembang untuk memenuhi kebutuhan beragam pengguna. Mengenal setiap jenis layanan awan dan metodenya dapat membantu Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3 tipe Cloud Computing Services

1. Infrastructure as a Service (IaaS)

IIaaS menyediakan blok bangunan dasar TI di dunia awan. Layanan-layanan ini umumnya menawarkan fitur-fitur seperti jaringan, komputasi (baik virtual maupun fisik), serta ruang penyimpanan data. Dengan IaaS, pengguna memperoleh fleksibilitas dan kontrol penuh atas sumber daya TI mereka, menjadikannya pilihan yang familiar bagi banyak departemen TI dan pengembang saat ini.

Apa itu Infrastructure as a Service (IaaS)?

IaaS adalah salah satu dari tiga kategori utama layanan komputasi awan, selain software as a service (SaaS) dan platform as a service (PaaS). Dalam model IaaS, penyedia layanan awan mengelola infrastruktur TI seperti penyimpanan, server, dan sumber daya jaringan, kemudian menyampaikannya kepada pelanggan melalui mesin virtual yang dapat diakses melalui Internet. Manfaat komputasi awan melalui IaaS dapat memberikan banyak keuntungan bagi organisasi, seperti mempercepat beban kerja sehingga lebih mudah diakses, lebih fleksibel, dan lebih efektif biaya.

IaaS Architecture
  • Dalam model layanan IaaS, penyedia layanan awan menghosting komponen infrastruktur yang umumnya berada di pusat data on-premises, seperti server, penyimpanan, dan perangkat keras jaringan, serta lapisan virtualisasi dan hipervisor.
  • Penyedia IaaS juga menyediakan berbagai layanan tambahan, termasuk:
  • Penagihan terperinci
  • Pemantauan
  • Catatan akses
  • Keamanan
  • Penyeimbangan beban
  • Pengelompokan
  • Kegigihan penyimpanan seperti cadangan, replikasi, dan pemulihan
  • Layanan ini sekarang semakin didorong oleh kebijakan, memungkinkan pengguna IaaS untuk menerapkan otomatisasi dan orkestrasi yang lebih dalam dari tugas-tugas infrastruktur kritis.
Bagaimana IaaS bekerja?

Pelanggan IaaS mengakses sumber daya dan layanan melalui jaringan luas (WAN), seperti Internet. Mereka dapat menggunakan layanan penyedia awan untuk menginstal elemen tambahan dari tumpukan aplikasi. Pelanggan dapat masuk ke platform IaaS untuk membuat mesin virtual (VM), menginstal sistem operasi di setiap VM, mendeploy perangkat tambahan seperti basis data, dan menginstal beban kerja perusahaan ke VM tersebut.

Apa Keuntungan IaaS?

Organisasi memilih IaaS karena menjalankan beban kerja tanpa harus membeli, mengelola, dan mendukung Infrastruktur yang mendasari seringkali lebih mudah, cepat, dan hemat biaya. Dengan IaaS, sebuah perusahaan dapat menyewa atau menyewa infrastruktur dari bisnis lain. Salah satu keuntungan komputasi awan dari IaaS adalah kemampuannya untuk menampung beban kerja yang bersifat sementara, eksperimental, atau berubah secara tidak terduga.

Apa Kerugian IaaS?

Meskipun model IaaS fleksibel dengan sistem bayar sesuai penggunaan, penagihan dapat menjadi masalah bagi beberapa bisnis. Kurangnya transparansi dalam konfigurasi dan kinerja Infrastruktur penyedia dapat membuatnya sulit untuk mengelola dan memantau sistem. Pengguna juga harus memperhatikan masalah ketahanan layanan, di mana ketersediaan dan kinerja beban kerja sangat bergantung pada penyedia.

2. Platform as a Service (PaaS)

PPaaS dapat diakses melalui koneksi internet apa pun, memungkinkan pembangunan aplikasi secara keseluruhan dalam sebuah browser web. Karena lingkungan pengembangan tidak dihosting secara lokal, pengembang dapat bekerja pada aplikasi dari mana saja di dunia. Ini memungkinkan tim yang tersebar di lokasi geografis yang berbeda untuk berkolaborasi. Namun, ini juga berarti pengembang memiliki kendali yang lebih sedikit atas lingkungan pengembangan, meskipun ini datang dengan beban yang jauh lebih ringan. 

Bagaimana PaaS Dibandingkan dengan Lingkungan Pengembangan yang Di-host secara Internal? PaaS dapat diakses melalui koneksi internet apa pun, memungkinkan pembangunan aplikasi secara keseluruhan dalam sebuah browser web. Karena lingkungan pengembangan tidak dihosting secara lokal, pengembang dapat bekerja pada aplikasi dari mana saja di dunia. Ini memungkinkan tim yang tersebar di lokasi geografis yang berbeda untuk berkolaborasi. Namun, ini juga berarti pengembang memiliki kendali yang lebih sedikit atas lingkungan pengembangan, meskipun ini datang dengan beban yang jauh lebih ringan.

Apa yang termasuk dalam PaaS?

Penawaran utama yang disediakan oleh vendor PaaS meliputi:

* Alat Pengembangan Vendor PaaS menyediakan berbagai alat yang diperlukan untuk pengembangan perangkat lunak, termasuk editor kode sumber, debugger, kompiler, dan alat penting lainnya. Alat-alat ini mungkin ditawarkan bersama sebagai kerangka kerja. Alat-alat yang ditawarkan akan bergantung pada vendor, tetapi penawaran PaaS harus mencakup semua yang dibutuhkan pengembang untuk membangun aplikasi mereka.

* Platform Middleware yang ditawarkan sebagai layanan biasanya mencakup middleware, sehingga pengembang tidak perlu membangunnya sendiri. Middleware adalah perangkat lunak yang berada di antara aplikasi yang dihadapi pengguna dan sistem operasi mesin; misalnya, middleware memungkinkan perangkat lunak untuk mengakses masukan dari keyboard dan mouse.

* Sistem Operasi Vendor PaaS akan menyediakan dan memelihara sistem operasi yang digunakan oleh pengembang dan tempat aplikasi dijalankan.

* Penyedia Basis Data PaaS mengelola dan memelihara basis data. Mereka biasanya akan menyediakan sistem manajemen basis data bagi para pengembang.

* Infrastruktur PaaS adalah lapisan di atas IaaS dalam model layanan komputasi awan, dan semua yang termasuk dalam IaaS juga termasuk dalam PaaS. Penyedia PaaS mengelola server, penyimpanan, dan pusat data fisik, atau membelinya dari penyedia IaaS.

3. Software as a Service (SaaS)

SaaS menawarkan solusi perangkat lunak lengkap yang sepenuhnya dikelola oleh penyedia layanan. Umumnya, SaaS mengacu pada aplikasi yang digunakan langsung oleh pengguna akhir.

Karakteristik SaaS
Arsitektur Multi-Tenant SaaS

Arsitektur multi-tenant adalah struktur di mana semua klien dan aplikasi dari vendor SaaS membagi Infrastruktur dan kode sumber yang sama yang dikelola secara terpusat. Struktur ini memungkinkan vendor untuk berinovasi lebih cepat, menghemat waktu pengembangan yang sebelumnya dihabiskan untuk memelihara kode yang ketinggalan zaman.

Penggunaan yang Mudah dengan SaaS

Pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan aplikasi sesuai dengan proses bisnis mereka tanpa memengaruhi Infrastruktur bersama. Model SaaS mendukung dan memelihara perubahan kustomisasi unik setiap pengguna dan perusahaan melalui pembaruan reguler. Penyedia SaaS dapat memperbarui lebih sering, dengan risiko dan biaya adopsi pelanggan yang lebih rendah.

Akses Perangkat Jaringan yang Lebih Baik

Model SaaS memungkinkan bisnis Anda untuk mengakses data secara remote melalui perangkat yang terhubung ke jaringan, memudahkan pengelolaan hak akses, memantau penggunaan data, dan memastikan beberapa pengguna dapat melihat informasi yang sama secara bersamaan.

SaaS Memanfaatkan Web Konsumen

Siapa pun yang akrab dengan Amazon.com atau My Yahoo! pasti familiar dengan antarmuka Web dari aplikasi SaaS yang khas. Dengan model SaaS, Anda dapat menyesuaikan dengan mudah hanya dengan satu klik, membuat waktu yang dibutuhkan berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk memperbarui perangkat lunak bisnis tradisional terlihat ketinggalan zaman.

SaaS Features

Jika mengurangi biaya dan mengembangkan bisnis adalah prioritas, memanfaatkan fitur SaaS akan memungkinkan tim penjualan dan bisnis berinteraksi lebih efektif dengan para pemangku kepentingan dan klien potensial serta yang sudah ada. Berikut adalah 5 cara terbaik fitur SaaS dapat meningkatkan bisnis Anda.

* Meningkatkan Manajemen Prospek dengan identifikasi dan pemantauan yang lebih baik sepanjang siklus penjualan.

* Meningkatkan Kolaborasi Penjualan dan Pemasaran dengan lebih baik menangkap dan berbagi wawasan prospek dan pelanggan.

* Meningkatkan Otomatisasi Pemasaran dengan menyederhanakan kampanye pemasaran digital Anda.

* Meningkatkan Manajemen Data.

* Meningkatkan Manajemen Kontak dengan menyimpan, mengorganisir, dan melacak informasi tentang pelanggan, prospek, dan prospek penjualan Anda dengan lebih baik.

Contoh utama dari SaaS adalah aplikasi email berbasis web yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima email tanpa perlu khawatir tentang pemeliharaan atau Infrastruktur yang mendukungnya.

Dengan memahami berbagai model di atas, Anda dapat menentukan solusi komputasi awan yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Teknologi komputasi awan menyediakan berbagai manfaat bagi bisnis, seperti efisiensi biaya, fleksibilitas dalam kapasitas penyimpanan, privasi dan keamanan data yang terjamin, serta pencadangan dan penyimpanan data yang aman. Dengan memanfaatkan layanan komputasi awan, bisnis dapat fokus pada pengembangan produk dan layanan tanpa harus repot mengelola infrastruktur teknologi. Oleh karena itu, komputasi awan adalah pilihan yang tepat untuk membantu bisnis tumbuh dan berhasil di era digital ini.

Tingkatkan kinerja situs atau aplikasi perusahaan Anda dengan Vidia Cloud! Nikmati layanan pemantauan 24×7 untuk mengelola beban kerja aplikasi Anda. Anda didukung oleh tenaga kerja yang handal dengan keahlian dalam arsitektur solusi awan dan penguasaan teknologi modern seperti kontainer, tanpa server, dan aplikasi native cloud.

Hubungi kami sekarang di vidia@visionet.co.id atau kunjungi kami di https://www.vidiacloud.com/contact/.

Send a message